TAHAP AKADEMIK
CAPAIAN PEMBELAJARAN | LEARNING OUTCOMES/SUBJECT SPECIFIC CRITERIA* |
CPL 1 Melakukan refleksi diri, mawas diri dan evaluasi diri untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri, berpikir kritis, identifikasi kebutuhan belajar secara terus-menerus dikaitkan dengan peran sebagai mahasiswa kedokteran | SSC 1 Conduct self-reflection, self-awareness, and self-evaluation to identify strengths and weaknesses, think critically, and constantly identify learning needs associated with the role as a medical student |
CPL 2 Menguasai konsep ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan/ Kedokteran Komunitas yang terkini untuk mengelola masalah kesehatan secara holistik dan komprehensif ditingkat individu, keluarga, komunitas dan masyarakat | SSC 2 Master the latest concepts of Biomedicine, Humanities, Clinical Medicine, and Public Health/Preventive Medicine/Community Medicine to manage health problems holistically and comprehensively at the individual, family, community and society levels |
CPL 3 Melakukan prosedur klinis sesuai masalah, kebutuhan pasien dan kewenangannya serta mengaplikasi prinsip keselamatan pasien | SSC 3 Carry out clinical procedures according to problems, patient needs and his/her authorities and apply patient safety principles |
CPL 4 Merencanakan pengelolaan masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat khususnya masyarakat industri secara holistik, komprehensif, bersinambung dan kolaboratif | SSC 4 Plan to manage the health problems of individuals, families, communities and societies, especially industrial communities, in a holistic, comprehensive, continuous and collaborative manner. |
CPL 5 Menerapkan konsep praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai keislaman dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, sosial budaya dan agama islam dalam konteks perannya sebagai sarjana kedokteran | SSC 5 Apply the concept of professional medical practice in accordance with Islamic values and principles of divinity, noble morals, ethics, discipline, law, socio-culture and Islamic religion in the context of his/her role as a bachelor of medicine. |
CPL 6 Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi efektif untuk pengembangan keilmuan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan | SSC 6 Apply information and communication technology effectively for scientific development and quality improvement of health services.. |
CPL 7 Mengaplikasikan pengetahuan ilmiah dalam melakukan perubahan terhadap fenomena kedokteran dan kesehatan melalui kajian inter/multidisiplin, inovatif dan teruji | SSC 7 Apply scientific knowledge in making changes to medical and health phenomena through inter/multidisciplinary, innovative, and tested studies. |
CPL 8 Menerapkan pembelajaran kolaboratif sesuai dengan prinsip, nilai dan etika yang berlaku | SSC 8 Implement collaborative learning in accordance with applicable principles, values and ethics |
*LO/SSC 1) – 4) are generic skill and LO/SSC 5) – 8) are social skill |
TAHAP PROFESI
CAPAIAN PEMBELAJARAN | LEARNING OUTCOMES/SUBJECT SPECIFIC CRITERIA* |
CPL 1 Melakukan praktik kedokteran dengan melakukan refleksi diri, menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, dan meningkatkan pengetahuan secara berkesinambungan, serta menghasilkan karya inovatif dalam rangka menyelesaikan masalah kesehatan | SSC 1 Practice medicine by carrying out self- reflection, realizing limitations, overcoming personal problems, and increasing knowledge in a sustainable manner, as well as producing innovative work in order to solve health problems. |
CPL 2 Melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain | SSC 2 Carry out clinical procedures related to health problems by applying the principles of patient safety, personal safety, and the safety of others. |
CPL 3 Merencanakan pengelolaan masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat khususnya masyarakat industri secara komprehensif, holistik, terpadu dan berkesinambungan dengan berdasarkan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan/ Kedokteran Komunitas yang terkini dalam konteks pelayanan kesehatan primer | SSC 3 Plan the management of individual, family, community and community health problems, especially industrial communities, in a comprehensive, holistic, integrated and sustainable manner based on the latest Biomedical, Humanities, Clinical Medicine, and Public Health/Preventive Medicine/Community Medicine in the context of primary health services. |
CPL 4 Mampu mengaplikasikan prinsip keselamatan pasien dalam pengelolaan masalah kesehatan | SSC 4 Be able to apply the principles of patient safety in the management of health problems. |
CPL 5 Menerapkan praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai keislaman dan prinsip ke-Tuhan an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, sosial budaya dan agama islam dalam dalam mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat | SSC 5 Apply the practice of professional medical doctor in accordance with Islamic values and principles of divinity, noble morals, ethics, discipline, law, socio-culture and Islamic religion in managing the health problems of individuals, families, communities and societies. |
CPL 6 Menerapkan komunikasi efektif dengan membangun hubungan, menggali informasi, menerima dan bertukar informasi, bernegosiasi serta persuasi secara verbal dan non-verbal; menunjukkan empati kepada pasien, anggota keluarga, masyarakat dan sejawat, dalam tatanan keragaman budaya lokal dan regional | SSC 6 Implement effective communication by building relationships, gathering information, receiving and exchanging information, negotiating and persuasion verbally and non-verbally; showing empathy to patients, family members, communities and peers, in a local and regional cultural diversity order. |
CPL 7 Mengaplikasikan pengetahuan ilmiah dalam melakukan perubahan terhadap fenomena kedokteran dan kesehatan serta kemajuan ilmu dan teknologi dalam bidang kedokteran dan kesehatan yang memperhatikan kajian inter/multidisiplin, inovatif dan teruji | SSC 7 Apply scientific knowledge in making changes towards medical and health phenomena and towards the advances in science and technology in the field of medicine and health that take into account inter/multidisciplinary, innovative, and tested studies. |
CPL 8 Kemampuan berkolaborasi dan bekerja sama dengan sejawat seprofesi, interprofesi kesehatan dan profesi lain dalam pengelolaan masalah kesehatan dengan menerapkan nilai, etika, peran dan tanggung jawab, pengelolaan masalah secara efektif | SSC 8 Be able to collaborate and cooperate with peers, health inter-professionals and other professions in the management of health problems by applying values, ethics, roles and responsibilities, and to manage problems effectively. |
*LO/SSC 1) – 4) are generic skill and LO/SSC 5) – 8) are social skill |