Sambutan Dekan

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Selamat datang di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung

 

Berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (FK Unisba) tidak terlepas dari peran serta para tokoh agama Islam, tokoh pendidikan dan tokoh masyarakat yang menginginkan hadirnya wahana pendidikan kedokteran berbasis nilai-nilai Islam. Sejak berdiri pada 27 Oktober 2004, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung saat ini telah terakreditasi Unggul oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) dan sudah menghasilkan ribuan lulusan dokter yang telah berkiprah memberikan pelayanan kesehatan bagi bangsa Indonesia.

 

Berdasar kepada visinya, FK Unisba memilikiย  keunggulan yaitu nilai-nilai Islam sehingga lulusan dokter yang dihasilkan tidak hanya professional dan cerdas, namun memiliki ahlak yang islami dan memiliki karakter mujahid (pejuang), mujtahid (pemikir) dan mujaddid (pembaharu). Keunggulan lainnya adalah Kesehatan Masyarakat Industri dimana kelak lulusan dokter akan memiliki kompetensi tambahan yaitu kesehatan okupasi, kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

 

Tridarma Perguruan Tinggi telah dilaksanakan sesuai dengan kebijakan yang berlaku baik secara nasional maupun internasional. Rasio dosen dan mahasiswa saat ini telah sesuai dengan regulasi. Kurikulum pendidikan yang digunakan baik pada tahap akademik maupun profesi telah disesuaikan dengan World Federation for Medical Education (WFME) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Upaya internasionalisasi telah dilakukan dengan beberapa institusi pendidikan di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Jepang. Kemitraan pun dilakukan dengan beberapa institusi kesehatan sebagai wahana pendidikan di tahap profesi. Proses pendidikan di tahap profesi sebagian besar dilaksanakan di RS Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat sebagai RS pendidikan utama, sebagian lagi dilakukan di 12 RS jejaring lainnya dan puskesmas di wilayah Kabupaten Bandung.

 

Fasilitas di FK Unisba saat ini telah berkembang pesat seiring kemajuan teknologi. Kampus terletak di Jalan Tamansari No. 22 Bandung dilengkapi dengan ruang tutorial, ruang laboratorium biomedik, ruang laboratorium skill, ruang kuliah, ruang dosen dan perpustakaan. Laboratorium anatomi dan laboratorium penelitian berlokasi di RS Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat. Fasilitas digital untuk pembelajaran pun telah dikembangkan dengan adanya meja anatomage, fasilitas ebook menggunakan acces medicine dan lain-lain.

 

Dengan bekal tersebut, kami berharap Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung dapat terus meningkatkan prestasinya guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Kami juga berharap agar mendapat rekognisi di kancah pendidikan kedokteran Internasional.

 

Mari bergabung bersama FK Unisba, dan bersama kita mencapai Indonesia yang sehat dan sejahtera.

 

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

 

Plt. Dekan,

Dr. Santun Bhekti Rahimah, dr., M.Kes.